• SMA N 1 SANGATTA UTARA
  • Unggul Berkarakter

SMAN 1 Sangatta Utara Gelar Upacara Hari Sumpah Pemuda Ke 95

Sangatta Utara, Kalimantan Timur - Siswa-siswi SMA Negeri 1 Sangatta Utara, Kalimantan Timur, melaksanakan upacara bendera dalam rangka memperingati Hari Sumpah Pemuda, Senin (30/10/2023). Upacara tersebut berjalan dengan hikmat dan penuh harapan.

Upacara dimulai dengan pengibaran bendera merah putih oleh petugas upacara. Setelah itu, dilanjutkan dengan pembacaan teks Pancasila dan UUD 1945 selanjutnya pemabacaan Janji Sumpah Pemuda. Pada kesempatan tersebut, Kepala Sekolah SMAN 1 Sangatta Utara, Tatik Widayani, M.Pd., yang di wakili, Drs. Istadi memberikan amanat kepada para peserta upacara.

Dalam amanatnya, ibu Tatik Widayani, M.Pd. mengatakan bahwa Hari Sumpah Pemuda merupakan hari bersejarah bagi bangsa Indonesia. Pada tanggal 28 Oktober 1928, para pemuda dari berbagai daerah di Indonesia berkumpul di Batavia (Jakarta) untuk mengucapkan ikrar yang dikenal dengan Sumpah Pemuda.

"Ikrar Sumpah Pemuda merupakan tonggak sejarah bagi perjuangan bangsa Indonesia. Ikrar tersebut menjadi landasan untuk memperjuangkan kemerdekaan Indonesia," kata Bp. Istadi.

Bp. Istadi juga mengajak para peserta upacara untuk mengenang dan meneladani semangat perjuangan para pemuda pada masa itu. Semangat tersebut harus terus dijaga dan dilestarikan agar bangsa Indonesia menjadi bangsa yang besar dan maju.

"Mari kita gelorakan semangat Sumpah Pemuda untuk membangun bangsa Indonesia yang lebih baik," kata Bp. Istadi.

Setelah upacara bendera, dilanjutkan dengan kegiatan tabur bunga di Taman Makam Pahlawan Sangatta Utara. Kegiatan ini bertujuan untuk mengenang jasa para pahlawan yang telah gugur dalam memperjuangkan kemerdekaan Indonesia.

Kepala sekolah berharap kegiatan ini dapat menjadi motivasi bagi para siswa-siswi untuk menjadi generasi penerus bangsa yang tangguh dan berjiwa patriotik.

Harapan Siswa-siswi SMAN 1 Sangatta Utara

Dalam kesempatan tersebut, beberapa siswa-siswi SMAN 1 Sangatta Utara menyampaikan harapan mereka di Hari Sumpah Pemuda.

"Saya berharap bangsa Indonesia dapat bersatu dan saling bertoleransi," kata Aulia, salah satu siswa SMAN 1 Sangatta Utara.

"Saya berharap bangsa Indonesia dapat menjadi bangsa yang maju dan sejahtera," kata Andi, salah satu siswa SMAN 1 Sangatta Utara.

"Saya berharap bangsa Indonesia dapat menjadi bangsa yang berdaulat dan mandiri," kata Nadia, salah satu siswa SMAN 1 Sangatta Utara.

Kepala sekolah mengatakan bahwa harapan-harapan tersebut merupakan semangat yang harus terus diperjuangkan oleh para generasi penerus bangsa.

Semangat Sumpah Pemuda Harus Terus Dihidupkan

Upacara bendera dalam rangka memperingati Hari Sumpah Pemuda yang digelar oleh SMAN 1 Sangatta Utara, Kalimantan Timur, pada Senin (30/10/2023) merupakan salah satu upaya untuk menghidupkan kembali semangat Sumpah Pemuda.

Dalam upacara tersebut, Kepala Sekolah yang diwakili Bp. Drs. ISTADI mengajak para peserta upacara untuk mengenang dan meneladani semangat perjuangan para pemuda pada masa itu. Semangat tersebut harus terus dijaga dan dilestarikan agar bangsa Indonesia menjadi bangsa yang besar dan maju.

Harapan siswa-siswi SMAN 1 Sangatta Utara juga merupakan bukti bahwa semangat Sumpah Pemuda masih terus hidup di hati para generasi penerus bangsa. Mereka berharap bangsa Indonesia dapat bersatu, maju, sejahtera, berdaulat, dan mandiri.

Untuk mewujudkan harapan tersebut, diperlukan kerja keras dan komitmen dari seluruh elemen bangsa. Para pemuda harus menjadi garda terdepan dalam memperjuangkan cita-cita tersebut.

Berikut adalah beberapa hal yang dapat dilakukan oleh para pemuda untuk menghidupkan kembali semangat Sumpah Pemuda:

  • Menjaga persatuan dan kesatuan bangsa. Pemuda harus menjadi contoh dalam menjaga persatuan dan kesatuan bangsa. Mereka harus saling menghormati dan menghargai perbedaan, baik suku, agama, ras, maupun antargolongan.
  • Berjuang untuk kemajuan bangsa. Pemuda harus menjadi agen perubahan dalam memajukan bangsa. Mereka harus memiliki semangat untuk belajar dan berkarya demi kemajuan bangsa.
  • Membela kedaulatan dan kemandirian bangsa. Pemuda harus menjadi benteng pertahanan bangsa dari segala bentuk ancaman, baik dari dalam maupun luar negeri.

Dengan semangat Sumpah Pemuda yang terus hidup, bangsa Indonesia akan menjadi bangsa yang besar dan maju.

Penutup

Upacara bendera dalam rangka memperingati Hari Sumpah Pemuda yang digelar oleh SMAN 1 Sangatta Utara, Kalimantan Timur, merupakan momentum yang tepat untuk merefleksikan kembali semangat Sumpah Pemuda. Semoga semangat tersebut dapat terus dihidupkan dan diperjuangkan oleh para generasi penerus bangsa.

Komentari Tulisan Ini
Tulisan Lainnya
IHT Penyusunan Observasi Kinerja Guru dalam Pengelolaan Kinerja PMM di SMAN 1 Sangatta Utara

Sangatta Utara, 15 Februari 2024 - Pada hari Kamis, 15 Februari 2024, SMAN 1 Sangatta Utara telah menyelenggarakan kegiatan In-House Training (IHT) dengan tema "Penyusunan Observasi Kin

16/02/2024 09:56 - Oleh Administrator - Dilihat 284 kali
Tauladani Nabi : Peringatan Maulid Nabi di SMAN 1 Sangatta Utara

Sangatta Utara, 4 Oktober 2023 - Hari ini, SMAN 1 Sangatta Utara merayakan dan memperingati kelahiran Nabi Besar Muhammad SAW, yang juga dikenal sebagai Maulid Nabi. Perayaan ini menjad

04/10/2023 09:38 - Oleh Administrator - Dilihat 430 kali
Dies Natalis SMAN 1 Sangatta Utara

**Dies Natalis SMAN 1 Sangatta Utara: Mempererat Hubungan Antara Siswa, Siswi, dan Guru Melalui Bazar dan Seni Hiburan** Sangatta Utara, 4 Agustus 2023 – SMAN 1 Sangatta Utara me

03/08/2023 10:20 - Oleh Administrator - Dilihat 965 kali
IHT SMAN 1 Sangatta Utara 2023/2024

SMA Negeri 1 Sangatta Utara Menggelar In House Training dalam Rangka Pembuatan Perangkat Ajar Kurikulum Merdeka Sangatta Utara, 15 Juli 2023 - SMA Negeri 1 Sangatta Utara baru-baru ini

18/07/2023 09:22 - Oleh Administrator - Dilihat 492 kali
PANDUAN MEMANTAU HASIL SELEKSI PPDB TAHAB 1 SMAN 1 SANGATTA UTARA

PANDUAN MEMANTAU HASIL SELEKSI PPDB TAHAB 1 SMAN 1 SANGATTA UTARA

16/06/2023 10:00 - Oleh Administrator - Dilihat 573 kali